Home    Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah

Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah

 

Setelah merayakan Idul Adha, umat Islam menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H yang menurut kalender Masehi, 1 Muharram 1441 H jatuh pada Minggu, 1 September 2019. Muharram adalah salah satu bulan yang dimuliakan dan lumbung meraih pahala.

 

BACA JUGA 10 Tips Rancang Kamar Tidur yang Seksi dari Para Ahli

 

Dalam sejarah , tahun pertama Hijriyah ditetapkan oleh Umar bin Al-Khattab untuk menandai peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah di tahun 622 sesudah masehi. Muharram merupakan salah satu bulan yang dihormati selain Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Rajab Mudhar. Saat tahun berganti, umat Islam pun memasuki bulan Muharram yang dikenal sebagai ladang mencari pahala.

 

Recently Listed Properties

 

Hari libur nasional ini juga dilakukan untuk memperingati kepindahan Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah. Nabi Muhammad merupakan penyebar agama Islam yang kembali ke Mekah setelah mendapatkan wahyu dari Allah SWT untuk menyebarkan agama Islam ke seluruh dunia.

 

BACA JUGA Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Taman Terapung

 

Ketika nabi Muhammad berusaha menyebarkan ajaran Allah SWT di kota Mekah, Muhammad dan para pengikutnya dijauhi oleh kelompok musyrik yang kafir. Ketegangan antara Umat Muslim dan kaum musyrik kafir kemudian semakin meningkat. Muhammad dan para pengikutnya dipaksa untuk meninggalkan kota Mekah ke Madinah. Peristiwa ini dikenal dengan istilah Hijrah. Hijrah merupakan sebuah simbol yang melambangkan permulaan Islam dan penanggalannya.

 

Our Agents

 

Ada beberapa amalan yang dapat dilakukan umat Islam selama bulan Muharram. Apa sajakah itu? Berikut amalan yang dapat dilakukan di bulan Muharram agar dapat meraih pahala dari Allah SWT.

 

Para ulama sudah mengklasifikasikan jenis amalan yang hendaknya diperbanyak selama bulan Muharram yaitu:

  1. Melakukan Salat
  2. Berpuasa
  3. Menyambung silaturahmi
  4. Bersedekah
  5. Mandi
  6. Memakai celak mata
  7. Berziarah kepada ulama (baik yang hidup maupun yang telah meninggal)
  8. Menjenguk orang sakit
  9. Menambah nafkah keluarga
  10. Memotong kuku
  11. Mengusap kepala anak yatim
  12. Membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 1000 kali

 

Di Indonesia, Tahun Baru Islam dikenal dengan nama Muharram. Tahun baru Hijriah disambut meriah khususnya oleh masyarakat Jawa yang juga merayakan 1 Muharram atau 1 Suro. Masyarakat Jawa mulai merayakan tahun baru Hijriyah di abad ke-16 ketika Sultan Agung menetapkan 1 Muharram sebagai tahun baru Jawa dan memadukan tradisi Jawa dengan Islam dalam upaya memperluas ajaran Islam di bumi nusantara.

 

Di beberapa komunitas pedesaan di Jawa Timur Indonesia, para umat muslim mempersiapkan beberapa sesaji untuk bersyukur kepada Tuhan. Beberapa sajian ini biasanya terdiri dari buah-buahan, sayur-mayur, dan beras. Sesaji atau Gunungan digelar di pusat lokasi perayaan.

 

BACA JUGA Harapan Pelaku Usaha Properti Kepada Pemerintahan Baru

 

Setelah seluruh sesaji terkumpul, sebuah ritual yang dikenal dengan istilah “Larung Pendam Saji” kemudian ditampilkan. Ritual upacara ini bertujuan untuk memohon anugerah dari Tuhan. Disamping itu, ritual ini juga merupakan wujud syukur dari komunitas penduduk desa ini terhadap karunia yang telah dianugerahkan Tuhan kepada hasil pertanian mereka.

 

Di beberapa kota seperti Pontianak, Kalimantan, beberapa Umat Muslim memperingati hari raya ini dengan berparade. Selama parade berlangsung, para peserta juga melakukan doa bersama sebagai bentuk refleksi hidup mereka.

 

Ikuti perkembangan terbaru Info Terupdate seputar Properti hanya di reginarealty.co.id

Klik di sini

 

Article

Ciptakan Ruang Kerja Nyaman di Rumah

Bangunan rumah tahan gempa

 

Referensi: 1 2 3 4

6786Like

Related Articles

Tahun Baru Islam 1442 Hijriah