Home    Rumah Unik di Kyoto, Jepang, Didesain Untuk Merespon Perubahan

Rumah Unik di Kyoto, Jepang, Didesain Untuk Merespon Perubahan

source : https://www.youtube.com/embed/J6NuZaen8dU

Sebuah rumah dua lantai di kota Kyoto Jepang dengan luas 76 meter persegi  dengan desain  unik. Desain dikembangkan oleh Yaneura Design dengan arsitek kepala adalah Masashi Terada dan Yoshu Nakayama.

Lebar depan rumah hanya 4,5 meter, terlihat seperti rumah kabin biasa dengan struktur besi dan dinding gelombang serta atap model pelana. Pembagian ruang sama persis 2,25 meter x 2,25 meter. Sehingga dalam gambar perencanaan seperti kubus-kubus yang ditumpuk menjadi satu.

 

Baca Lengkap : JUAL RUMAH DI PONDOK INDAH CUMA 4 MILYARAN

Our Agents

 

Bagian fasad depan dan belakang tanpa menggunakan kaca dan material transparan. Sehingga membuat cahaya matahari mudah masuk ke dalam rumah. Uniknya di dalam rumah seperti tidak ada sekat yang tegas antar ruang. Kecuali dinding pemisah kamar mandi atau toilet. Tak adanya sikap yang tegas antar ruang membuat sirkulasi udara lebih leluasa sehingga rumah lebih sehat karena udara selalu berganti dengan yang baru.

Di bagian belakang yang terdapat tangga naik ke lantai 2 dengan dominasi warna biru. Warna biru ini ini menjadi pembeda di tengah dominasi warna kayu dan warna perak pada bagian struktur besi. Di bawah tangga terdapat toilet kecil.

 

Baca Lengkap : Presiden Biden Anggarkan $6 Triliun Untuk Program Perumahan di Amerika Serikat

Recently Listed Properties

 

Di lantai 2 terdapat kamar dan kamar mandi yang seperti menyatu pada bagian belakang rumah yang berupa void. Bagian void ini terdapat tangga naik dan ruang yang disebut sebagai sun room oleh para arsiteknya.

Menurut penjelasan tim arsitek di situs archdaily.com, rumah tersebut didesain untuk dapat merespon dengan cepat terhadap perubahan lingkungan. Respon yang dimaksud adalah perpindahan ruang dengan cepat, sedangkan lingkungan yang dimaksud adalah akibat cuaca atau musim, termasuk perubahan gaya hidup pemilik rumah dan keluarga.

 

 

Meski sebagian besar ruang tanpa sekat atau dinding yang tegas, namun jika dibutuhkan penyekat tegas atau dinding, bukan hal yang sulit untuk diimplementasikan. Bahkan dengan ukuran ruang yang kurang lebih sama, dinding penyekat juga dapat dipindah-pindah sesuai kebutuhan.

Sepertinya rumah konsep ini cocok diimplementasikan di Indonesia mengingat harga properti semakin meningkat sehingga menjadi sebuah tantangan untuk mendesain rumah di lahan yang sempit namun tetap terkesan indah dan menarik.

 

Sumber Foto : Hiroki Kawata
 

 

Temukan Hot Buyers Anda bersama kami di : >>https://t.co/UzgoSitdSx?amp=1<<

Ikuti perkembangan terbaru Info Terupdate seputar Properti hanya di reginarealty.co.id

Klik di sini

Article

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
31383Like

Related Articles

Covid Merubah Desain Rumah

Tren Design Rumah Saat Pandemi