Home    Pilihan Bata Untuk Dinding Rumah

Pilihan Bata Untuk Dinding Rumah

source : https://www.youtube.com/embed/2-IOCNXf64Y

Batu bata masih menjadi andalan banyak orang untuk membangun rumah di Indonesia. Karena memang membuat dinding lebih awet dan kuat serta produknya banyak beredar serta banyak pilihan. Tentu saja dinding bata jauh lebih kokoh dibanding dengan dinding kayu atau bambu.

Namun batu bata juga banyak jenisnya. Sebelum membangun rumah, ada baiknya kita mengetahui beberapa jenis batu bata yang banyak dipasarkan.

 

Bata Merah

Bata merah berwarna kemerahan dan terbuat dari tanah liat. Memiliki sifat yang tahan api dan panas, tidak mudah retak atau pecah, serta mampu menahan rembesan air. Jenis ini masih banyak digunakan untuk membangun rumah. Namun pelan-pelan sepertinya akan mulai digantikan dengan jenis lain, mengingat tanah liat makin lama makin sedikit.

 

Baca Lengkap : Upaya Pemerintah Kendalikan Banjir di Jakarta

Our Agents

 

Batako

Batako berwarna abu-abu dan terbuat dari campuran semen dan pasir kasar yang dipres hingga mengeras. Biasanya batako digunakan untuk bangunan komersial. Batako bersifat kuat dan kedap air tetapi cenderung menyimpan panas. Ukurannya yang lebih besar dari bata merah, membuat batako menjadi pilihan untuk dinding agar lebih cepat terpasang.

 

Bata Kapur Putih

Bata kapur putih diperoleh langsung dari gunung kapur alam. Batu bata ini bersifat kuat dan tahan asam. Biasanya dipakai untuk dinding pabrik serta konstruksi bangunan berat seperti jembatan. Jenis bata ini sudah mulai jarang ditemukan. Apalagi dihasilkan oleh alam sehingga tidak ada produsen yang membuatnya.

 

Bata Ringan

Bata ringan terbuat dari pasir, semen, busa kimia, gypsum, kapur, serbuk arluminium, dan air. Disebut sebagai bata ringan karena memang bobotnya ringan. Bata ini bersifat tahan api dan kedap suara serta mampu menghalau panas dan mudah dipotong. Material ini cocok untuk bangunan tinggi seperti gedung perkantoran. Bata ringan di perkotaan sudah mulai menggantikan bata merah. Ukurannya yang lebih besar, namun ringan, menjadi pilihan yang menarik bagi kita yang ingin rumah segera selesai.

 

Bata Beton

Bata jenis ini merupakan material yang terbuat dari semen, pasir, kerikil, agregat, air, dan bahan khusus lainnya. Sekilas mirip dengan batako, namun lebih kuat. Bataton cukup kuat sebagai konstruksi bangunan dan pengaplikasiannya mudah. Umumnya struktur bataton terdiri atas 3, yaitu bataton interlock, bataton aerasi, bataton berongga.

 

Baca Lengkap : WFH di Malaysia, Dorong Migrasi Ke Daerah Semi-Perkotaan

Recently Listed Properties

 

Bata Roster

Bata roster juga disebut dengan ventilation block karena memiliki lubang-lubang yang membuat sirkulasi udara dan cahaya optimal. Bata roster bisa digunakan pada berbagai macam bangunan seperti rumah, tempat ibadah, hingga gedung perkantoran. Bata roster belakangan ini cukup populer untuk bukan sedekar menjadi ventilasi, namun juga menjadi ornamen dinding rumah agar terlihat lebih eksotis.

 

Bata Ekspos

Sebenarnya ini jenis bata merah dari tanah liat. Namun diproses dengan lebih baik dan lebih kuat serta lebih eksotis. Dinding bata ekspos, sesuai namanya, memang untuk mengekspos bata merah tersebut. Sehingga dinding tidak lagi diplester, aci dan tidak dicat. Hanya digunakan pelapis atau coating agar bata lebih awet.

Referensi :

  • https://www.sejasa.com/blog/jenis-batu-bata-untuk-konstruksi-bangunan/
  • https://www.rumah.com/berita-properti/2017/4/150291/yuk-kenali-ragam-bata-ekspos-dan-karakternya

 

 

Temukan Hot Buyers Anda bersama kami di : >>https://t.co/UzgoSitdSx?amp=1<<

Ikuti perkembangan terbaru Info Terupdate seputar Properti hanya di reginarealty.co.id

Klik di sini

Article

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
31652Like

Related Articles