Home    Penasaran Mau Tinggal di Kota Hantu Di China?

Penasaran Mau Tinggal di Kota Hantu Di China?

Dilangsir dari ABCNews memberitakan tentang China yang punya banyak area kosong tak berpenghuni. Bahkan pembangunan masih terus dilakukan padahal tak kurang dari 50 area dan tak satupun yang menempati. Seram sudah seperti kota hantu.

Konon banyak orang membeli hanya untuk berinvestasi di proyek properti yang diperuntukkan sebagai tempat tinggal ratusan ribu orang terdiri dari bangunan tinggi, kondominium, pusat perbelanjaan, alun-alun, lampu jalanan, bahkan replika kota-kota besar di Eropa. Kota-kota hantu ini dibangun di daerah pinggiran kota yang sudah ada sebelumnya.

 

BACA JUGA IMB Bakal Dihapus Atau Ganti Nama?

Recently Listed Properties

 

Menurut penulis China’s Great Wall of Debt, Dinny McMohan, fenomena kota-kota hantu ini didorong karena adanya belanja hutang yang berlebihan. Pemerintah daerah di seluruh China mendorong perekonomiannya dengan membangun infrastruktur. Efek dari ledakan pembangunan ini, terdapat jutaan apartemen kosong yang belum dihuni. 

Meski demikian, menurut Wade Sheperd, penulis Ghost Cities of China, yang telah mendokumentasikan kota hantu sejak 2006, menyatakan bahwa infrastruktur yang kosong ini menunjukkan bahwa China sangat serius menangani dan menantisipasi ledakan penduduk. Maklum saja, penduduk China lebih dari 1 milyar jiwa. Bisa dibayangkan berapa banyak kebutuhan akan tempat tinggal di kemudian hari.

 

BACA JUGA IMB Bakal Dihapus Atau Ganti Nama?

Our Agents

 

Tapi tak selamanya kota-kota hantu di China ini tetap kosong. Kota-kota yang dibangun dan dibuka tahun 2000 hingga 2003, saat ini sudah banyak yang berkembang. Menurut Sheperd, China sukses besar dalam pembangunan kota. Kota yang 10 tahun lalu disebut kota hantu, sekarang menjadi kota yang maju.   

J Capital Research juga mendokumentasikan perkembangan setiap kota hantu di China. Managing Partner J Capital Research, Tim Murray, Shenzhen adalah Kota yang mengalami perkembangan paling cepat. Wilayah lainnya dicontohkan adalah Pudong di area Shanghai yang juga mengalami perkembangan sangat pesat dari sebelumnya daerah rawa.

Meski demikan tidak semua kota seperti dua kota yang dicontohkan. Hal ini dikarenakan keberhasilan kota hantu berubah menjadi kota yang sebenarnya, yang ada penghuni dan aktifitas akan bergantung dengan kemampuan menciptakan lapangan pekerjaan dan industri yang baru.

 

BACA JUGA Mau Urus IMB di Jakarta? Begini Syarat-Syaratnya

 

Sebagai contoh adalah kota Zhedong di Zhengzhou, Ibu Kota Provinsi Henan. Foxconn mendapat insentif dari pemerintah Daerah. Perusahaan pembuat iPhone ini membuka pabrik baru di kota Zhedong. Walhasil, 200.000 tenaga kerja dapat direkrut dan kota Zhedong menjadi hidup!

Mau tinggal di kota hantu di China?

 

Ikuti perkembangan terbaru Info Terupdate seputar Properti hanya di reginarealty.co.id

Klik di sini

 

Article

24868Like

Related Articles