Home    Merancang Desain Furnitur Rumah Minimalis

Merancang Desain Furnitur Rumah Minimalis

 

 

Mengisi furnitur rumah minimalis tentunya membutuhkan referensi, selain harus teliti dan jeli sebelum membeli. Jangan sampai setelah membeli lantas kecewa dengan pilihan kita. Furnitur meliputi hal-hal yang berhubungan dengan mebelair seperti kursi, sofa, meja, lemari, bed, dan furniture dapur.

 

Sembarangan dalam memilih furnitur rumah minimalis akan merugikan kita dalam jangka panjang. Point pemilihan jenis furnitur yang tepat harus mulai kita pelajari, karena banyak sekali orang yang membeli furniture menyesal setelah membelinya. Kadang setelah membeli, baru kita menyadari ternyata ada furnitur lain yang lebih cocok untuk rumah minimalis kita.

 

Mungkin furniture yang kita beli lebih kecil dari ruangan, atau bahkan terlalu besar dibandingkan luasan ruangan kita. Memang semua tergantung selera dan keinginan kita, hanya saja jika kita memilih hanya berdasarkan rasa suka atau hanya sekedar ingin menonjolkan suatu item, tetapi item yang yang ditonjolkan justru tidak berubungan dengan desain ruang, maka hal ini justru akan memunculkan ketidaknyamanan.

 

Yang penting dicatat, rumah minimalis punya kekurangan, yakni tidak dapat menampung banyak benda dan furniture. Oleh karena itu dalam memilih furniture harus sesuai dan tepat dengan konsep minimalis rumah Kita. Berikut beberapa tips yang bisa Kita lakukan sebelum membeli furniture rumah minimalis.

 

Ukur ruangan-ruangan yang akan ditempatkan furniture.

Sebelum membeli furniture sebaiknya kita mengukur dulu luasan dari ruangan-ruangan yang akan dipasangi furniture. Dengan mengukur ruangan, kita bisa menentukan ukuran furniture yang tepat untuk rumah minimalis. Tentu saja yang harus dicari adalah furniture yang minimalis juga.

 

Kita bisa konsultasi pada penjual furniture biasanya mereka sudah lebih berpengalaman. Carilah lemari yang tidak terlalu tinggi, set meja kursi yang minimalis tapi elegan. Untuk warna furniture bisa disesuaikan dengan warna ruangan di dalam rumah. Hindari menggunakan warna yang terlalu ramai atau norak.

 

Gunakan furniture seperlunya agar ruangan tidak berkesan terlalu penuh karena justru dapat menegaskan kesan minimalis yang ingin diciptakan. Pilih warna furniture yang senada dengan warna ruangan di dalam rumah kita.

 

 

Sabar dan jeli sebelum membeli.

Tak perlu terlalu terburu-buru menentukan pilihan, silahkan kita hunting ke tempat-tempat khusus penjual furniture. Jangan hanya langsung terpaku pada satu penjual saja, biasanya beda penjual, beda pula desainnya.

 

Untuk mempermudah Kita sebelum berburu furniture, ada baiknya mencari-cari informasi di majalah-majalah desain interior atau di internet. Ini akan menambah inspirasi Kita. Setelah cukup mendapat gambaran silahkan Kita meluncur ke toko furnitur dan mulailah berburu.

 

Pekerjaan membandingkan memang pekerjaan yang cukup melelahkan, tapi jika tahapan ini bisa Kita lalui dengan baik maka hasilnyapun akan sebanding. Apa yang harus kita bandingkan? Tentunya kualitas, harga dan bentuknya.

 

Desain atau bentuk furniture sesuaikan dengan selera kita dulu. Setelah menemukan yang cocok, selanjutnya tanyakan terbuat dari bahan apa furnitur tersebut. Dalam fase ini Kita harus banyak bertanya, tidak usah malu untuk bertanya, karena malu bertanya akan sesat dalam memilih furniture.

 

Tanya kelebihan dan kekurangannya dari bahan-bahan tersebut, lalu ambil bahan yang paling berkualitas. Bahan berkualitas biasanya sebanding dengan harganya. Prinsip lebih baik sedikit menambahkan budget asal barang berkualitas daripada membeli yang murah tapi cepat rusak.

 

 

Referensi: 1

8764Like

Related Articles