Home    Kedamaian menyertai kita di hari raya Nyepi 2019

Kedamaian menyertai kita di hari raya Nyepi 2019

 

Menjelang penyambutan tahun baru Saka bagi umat Hindu terutama di pulau Bali yang jatuhnya antara bulan Maret kalender masehi, maka ada beberapa rentetan upacara yang dilaksanakan, salah satunya adalah Melasti, prosesi ini dilaksanakan 3 atau 4 hari sebelum Hari Raya Nyepi yang jatuh pada Tilem, sasih (bulan) Kesanga.

 

BACA JUGA Start Up Ini Membeli Rumah Anda, Tanpa Anda Perlu Keluar dari Rumah Anda

 

Dalam Sumber Lontar Sunarigama dan Sanghyang Aji Swamandala yang dirumuskan dalam bahasa Jawa Kuno menyebutkan dalam Melasti.

Upacara pensucian diri untuk menyambut hari raya Nyepi oleh seluruh umat Hindu di Bali dinamakan Melasti yang digelar untuk menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan. Upacara dilaksanakan di pinggir pantai untuk tujuan mensucikan diri dari segala perbuatan buruk pada masa lalu dan membuangnya ke laut. Menurut kepercayaan Hindu, sumber air seperti danau, dan laut dianggap sebagai air kehidupan.

 

 

Upacara melasti atau melelasti dapat didefinisikan sebagai nganyudang malaning gumi ngamet tirta amerta, yang berarti menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan.

Umat Hindu di seluruh Indonesia akan merayakan pergantian tahun atau Nyepi menuju tahun Saka pada, Kamis, 7 Maret 2019. Mayoritas umat Hindu di Indonesia yang berpusat di Pulau Bali, setiap tahun merayakan Nyepi atau pergantian tahun dengan pengendalian diri, menerapkan Catur Brata/ empat penyepian, yaitu Amati Geni(tidak menyalakan api/lampu), Amati Karya (tidak melakukan pekerjaan), Amati Lelanguan (tidak melakukan aktivitas yang menghibur diri), Amati Lelungaan (tidak melakukan perjalanan/ keluar rumah).

 

BACA JUGA Dijual Rumah Donald Trump Sewaktu Kecil Harga 40,7 Milyar Rupiah

 

Tahun baru Saka bagi umat Hindu Bali merupakan kesempatan untuk memulai kembali kehidupan dengan hati suci. Ritual amati geni pada Hari Raya Nyepi, untuk umat Hindu pada hakikatnya mendapat kesempatan untuk mengevaluasi capaian hidupnya selama satu tahun lalu untuk menyusun ulang rencana hidup satu tahun mendatang.

Selamat hari raya Nyepi 2019. semoga kedamaian selalu menyertai dimanapun kita berada.

 

 

Ikuti perkembangan terbaru Info Terupdate seputar Properti di reginarealty.co.id.

Klik di sini.

14089Like

Related Articles