Home    Hemat Listrik, Hemat Energi, PLTS Makin Diminati Industri

Hemat Listrik, Hemat Energi, PLTS Makin Diminati Industri

Penggunaan tenaga surya sebagai sumber energi makin hari makin meluas. Beberapa hari belakangan ini, kita disuguhi berita mengenai rencana PT Kereta Api Indonesia (Persero) (PT KAI) mengunakan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di perusahaannya.

Dikutip dari Kompas.com, PT KAI bakal memperluas penggunaan PLTS atap atau solar panel pada aset-asetnya tahun 2023. Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha PT KAI Persero Sandry Pasambuna mengatakan, untuk tahun 2022 pihaknya memang menargetkan dua aset sebagai pilot project penggunaan solar panel. Yakni di Stasiun Gambir dan Gedung JRC. Kelak pada tahun 2023 ditargetkan PT KAI memasang PLTS pada 40 bangunan yang tersebar di Sumatera dan Jawa.

Our Agents

Sebelumnya, pabrik Danone-AQUA di Klaten, Jawa Tengah diberitakan Kontan.co.id menggunakan PLTS dengan kapasitas 2.919 kilowatt peak (kWp) dan mampu menghasilkan listrik sebesar 4 gigawatt hour (gWh) per tahun sekaligus mengurangi emiso karbon 3340 ton per tahun. PLTS yang diresmikan 6 September 2020 ini konon merupakan PLTS terbesar di Jawa Tengah.

Dunia akademik juga tidak ketinggalan untuk turut serta dalam pemanfaatan PLTS ini. Institut Teknologi Sumatera (Itera) dengan dukungan dari Kantor Wialyah DJKN Lampung dan Bengkulu serta KPKNL Banda Lampung, mengoptimalkan lahan seluas 1 hektar untuk pembangunan PLTS ini. PLTS Itera dibangun dari 3036 panel surya dan menghasilkan energi listrik 4 megawatt hour (MWh) peak per hari dan mampu mengurangi emisi karbon hingga 5600 ton CO2 per tahun.

Dikutip dari djkn.kemenkeu.go.id, beberapa emiten di Bursa Efek Indonesia yang mulai melirik pembangunan PLTS antara lain adalah PT Terregra Asia Energi Tbk (TGRA), PT Cikarang Listrindo Tbk (POWR), PT Radian Utama Interisco Tbk (RUIS), dan PT Mitrabara Adiperdana Tbk (MBAP). Sedangkan Ladang PLTS terbesar di Indonesia saat ini adalah PLTS Likupang yang dioperasikan oleh perusahaan multinasional, Vena Energy dengan luas 29 Hektar.

Recently Listed Properties

Manfaat Penggunaan PLTS

Dikutip dari MediaIndonesia.com yang melansir dari greenmatch.co.uk, berikut ini keuntungan dari penggunaan panel surya.

1. Hemat Biaya Listrik Bulanan
Penggunaan PLTS dapat menekan biaya listrik karena memanfaatkan energi panas matahari. Meski demikian biaya instalasi relatif besar dibandingkan pengadaan listrik melalui PLN. Namun dalam jangka panjang, tagihan listrik akan jauh berkurang.

2. Banyak Fungsinya
Panel surya dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan panas atau solar thermal. Solar termal skala kecil untuk di rumah, umumnya bisa digunakan sebagai penghangat ruangan, pemanas air, hingga penghangat kolam renang.

3. Biaya Pemeliharaan Tergolong Murah
Panel surya tidak memerlukan perawatan yang rumit dan berlebihan. Pembersihan secara rutin secara berkala setiap bulan, perangkat panel surya tersebut tetap akan bisa terjaga dengan baik. Usia perangkat panel surya umumnya bisa berdaya pakai hingga puluhan hingga belasan tahun.

4.Kontribusi Penyelamatan Lingkungan
Penggunakan PLTS adalah upaya untuk penyelamatan bumi yang terus mengalami peningkatan suhu dan pemanasan global. Sebagaimana kita ketahui, penggunaan listrik masih menggunakan hasil pembakaran batu bara yang tak ramah lingkungan.

PLTS di Atap Rumah

PLTS di atap rumah kita, mengapa tidak? Saat ini sudah banyak penyedia jasa pemasangan PLTS untuk atap rumah pribadi. Untuk perkiraan biayanya, kita bisa berkunjung ke situs https://p3tkebt.esdm.go.id/esmart/ dan mengisi lokasi serta formulir yang ada untuk mengetahui berapa penghematan yang bisa kita lakukan jika menggunakan PLTS atap dan perkiraan biaya instalasi yang diperlukan.

 

Referensi :
• https://www.kompas.com/properti/read/2022/09/26/210000721/puluhan-bangunan-kai-bakal-pakai-solar-panel-pada-2023
• https://ekonomi.bisnis.com/read/20201006/44/1301453/pabrik-danone-aqua-pasang-panel-surya-atap-terbesar-di-jateng
• https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13919/Institut-Teknologi-Sumatera-ITERA-Mempelopori-Pemanfaatan-BMN-Untuk-Mendukung-Energi-Baru-dan-Terbarukan-EBT.html
• https://mediaindonesia.com/weekend/413627/ini-sederet-keuntungan-beralih-ke-panel-surya

Article

 

Temukan Hot Buyers Anda bersama kami di : >>https://t.co/UzgoSitdSx?amp=1<<

Ikuti perkembangan terbaru Info Terupdate seputar Properti hanya di reginarealty.co.id

Klik di sini

32542Like

Related Articles