Email Marketing 101
Perkembangan jaman saat ini memaksa hampir setiap orang berkomunikasi melalui digital, termasuk melakukan kegiatan promosi. Salah satu promosi yang dilakukan melalui internet adalah email marketing. Di dunia internet marketing, memanfaatkan email list untuk pemasaran adalah salah satu strategi marketing yang sangat efektif karena penawaran kita bisa langsung masuk ke inbox email calon pelanggan dan dibaca oleh mereka.
Penggunaan email marketing bisa digunakan untuk bisnis dibidang apapun, tidak hanya untuk satu bisnis tertentu saja. Selama bisnis itu mempunyai pelanggan/calon pelanggan, maka email marketing dapat digunakan. Selain itu, email marketing dianggap lebih efektif karena pemasaran dengan cara ini dapat menjangkau calon pelanggan yang potensial, ditambah lagi biasanya penjualan dengan menggunakan media email konversinya sangat baik.
Dengan email marketing, seorang pengusaha dapat selalu terhubung dengan pelanggan ataupun calon pelanggan mereka secara terus menerus. Selain untuk menawarkan produk, email marketing juga dapat membuat hubungan antara pebisnis dengan para pelanggan mereka tetap terjaga dengan baik dalam jangka panjang.
MailTarget dan Regina Realty bekerja sama membuat workshop Email Marketing 101 hari Selasa lalu, dengan menghadirkan pembicara Joh Juda, Lead Customer Success MailTarget. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Head of Analyst di GDI Lab.
Tujuan dari workshop ini adalah mengedukasi mengenai digital marketing, dan bagaimana memaksimalkan channel marketing yang ada, khususnya email marketing. Joh Juda juga menjelaskan mengapa aktivitas email marketing sangat penting dan mudah. Dan diakhiri dengan cara membuat email marketing yang menarik menggunakan MailTarget.
Beberapa manfaat email marketing bagi bisnis kita adalah:
- Bersifat Pribadi
Email marketing yang bersifat pribadi/personal biasanya akan mendapat perhatian lebih besar dari para pelanggan atau calon pelanggan. Saat pelanggan/calon pelanggan merasa nyaman menerima email dari kita, maka akan jauh lebih mudah untuk menawarkan apapun pada mereka melalui email yang kita kirimkan.
- Informasi Terkirim Lebih Cepat
Kita bisa menjangkau para pelanggan dalam waktu yang sangat cepat langsung ke email pribadi mereka sehingga hasilnya akan kita dapatkan lebih cepat.
- Biaya Jauh Lebih Murah
Memang kita membutuhkan layanan dari penyedia email responder, namun biaya ini akan jauh lebih murah dan efektif. Tingkat responsive direct mail biasanya lebih tinggi, itulah sebabnya mengapa email marketing sangat menguntungkan.
- Kampanye Dapat Diukur
Kampanye yang kita lakukan melalui email marketing dapat kita ukur dengan baik karena kita dapat melihat berapa email yang terkirim pada pelanggan dan bagaimana respon pelanggan tersebut. Dengan begitu, kita bisa melakukan analisa lebih baik terhadap kampanye yang dilakukan dan bisa segera melakukan perubahan pada kampanye saat diperlukan.
- Membangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kita bisa dengan mudah menjalin hubungan baik dengan para pelanggan dan calon pelanggan melalui email marketing. Email yang kita kirimkan bisa berupa tips, informasi penting, promosi produk, dan lain-lain, dengan cara yang lebih mudah.
5984Like