Home    Crowdfunding Properti. Apa Itu?

Crowdfunding Properti. Apa Itu?

Teknologi informasi berkembang pesat memunculkan unicorn-unicorn dari Indonesia yang mendunia. Belum lagi internet of things yang makin hari juga makin berkembang pesat. Tak terkecuali platform-platform teknologi yang menyasar pada investasi properti.

Dulu internet sudah jamak digunakan untuk memasarkan properti. Dalam beberapa tahun belakangan muncul skema bisnis berbasis internet yang memanfaatkan investasi properti. Pada khususnya adalah crowdfunding properti.

BACA JUGA Begini Metode Yang Paling Gampang Menghitung Investasi Properti

Recently Listed Properties

Apa sih crowdfunding itu?

Mengutip dari Wikipedia, crowdfunding atau urun dana adalah praktik penggalangan dana dari sejumlah besar orang untuk memodali suatu proyek atau usaha yang umumnya dilakukan melalui internet. Istilah bahasa Inggris crowdfunding dipakai pertama kali sebagai judul suatu artikel pada tahun 2006. Istilah ini diturunkan dari istilah crowdsourcing (urun daya) yang telah lebih dulu populer (Hemer, 2011) dan merupakan suatu bentuk pengembangan dari kredit mikro (Clark, 2011).

Bila crowdfunding properti maka urun dana tersebut untuk membiayai properti atau proyek properti. Di beberapa platform crowdfunding properti, Anda bisa berinvestasi properti Bahkan mulai 500 ribu rupiah saja. Wow banget kan?! Jadi sekarang semua orang dengan mudah dapat ikut berinvestasi properti

Mengapa crowdfunding properti?

Properti yang memang menarik untuk menjadi sarana investasi. Aset yang berwujud, dapat dimanfaatkan dan dibutuhkan setiap orang ini dipercaya harganya akan selalu naik di kemudian hari. Kenaikan harganya tak hanya melindungi nilai uang, tapi meningkatkan nilai uang.

 

BACA JUGA Kamu Bakal Mikir 2 Kali Untuk Bangun Rumah Beton

Our Agents

 

Di satu sisi, investasi dikenal harus dengan modal yang besar. Namun dengan adanya skema crowdfunding properti, modal besar bukan lagi kendala. Karena harga properti yang cenderung ratusan juga bahkan milyar dapat dibiayai oleh banyak orang sehingga akan lebih ringan. Menurut pengamatan kami, banyak platform yang menyediakan investasi properti mulai 500 ribu rupiah saja. Meski ada yang jutaan bahkan ratusan juta per 1 kali urun dana.

Berapa keuntungan investasi melalui crowdfunding properti?

Di beberapa platform crowdfunding properti, kami mengamati imbal balik investasinya berkisar 12% sampai dengan 36% dengan mata uang rupiah. Untuk mata uang Dollar Singapura, berkisar 4%-8%. Bahkan mungkin lebih dari pengamatan kami Karena platform crowdfunding properti mulai menjamur.

Anggaplah kita berinvestasi di crowdfunding properti dengan nilai 1 juta rupiah. Maka keuntungan investasi sebesar 12% atau 120 ribu selama 1 tahun. Nilai ini masih jauh Lebih besar dibandingkan bila kita menaruh dana tersebut di deposito atau tabungan biasa. Jadi crowdfunding properti ini sangat menguntungkan. Bahkan tanpa potongan biaya apapun sebagaimana potongan pada tabungan.

Tapi inget ya, investasi apapun mengenal yang namanya high risk, high gain. Maka tetap berhati-hati.

 

BACA JUGA Tips Membangun Rumah Tahan Gempa Dari Universitas di Amerika

 

Ikuti perkembangan terbaru Info Terupdate seputar Properti hanya di reginarealty.co.id

Klik di sini

 

Article

 

24506Like

Related Articles