Home    Cerdas Memilih Kitchen Set Untuk Dapur Sempit

Cerdas Memilih Kitchen Set Untuk Dapur Sempit

 

 

Memilih kitchen set merupakan hal yang susah-susah gampang, dimana kita harus dapat memadukan dua fungsi sekaligus, sebagai tempat penyimpanan perkakas dapur maupun sebagai aksesoris yang dapat mempercantik tampilan dapur itu sendiri.

 

Terlebih lagi dengan kendala dapur yang tidak luas atau mungil, tentu penentuan bentuk dan konsep kitchen set sangat menentukan keindahan dari dapur mungil tersebut. Menempatkan kitchen set pada dapur dengan ukuran kecil atau ruang sempit memang perlu memperhatikan desain dari kitchen set itu sendiri.

 

Penentuan model dan ukuran harus sesuai dengan ukuran dapur. Model kitchen set yang cocok untuk dapur dengan ukuran mungil bisa mamakai kitchen set model lurus saja, atau model leter L, jangan menggunakan model leter U sebab pastinya akan mempersempit ruangan.

 

Jika memang ingin menggunakan model leter U, pilih kitchen set yang ukurannya minimalis, sesuai dan pas dengan ruangan dapur tersebut. Ketika saat ingin membeli kitchen set sebaiknya disertakan dengan memberikan informasi tentang ukuran dapur sehingga kita tentunya dapat meminta masukan yang baik dari penjual kitchen set apa yang di rekomendasikannya kepada kita.

 

Pada dapur ukuran sempit atau mungil kita juga perlu memperhatikan sirkulasi udara, jangan sampai penempatan kitchen set dapat menghalangi sirkulasi udara di dapur kita, jika ini tak dapat ditolelir maka kita dapat menambahkan alat kitchen exhauss fan yang tujuannya untuk menyerap asap dari kompor, atau pun aroma masakan yang sedang di masakan, sehingga menjamin sirkulasi udara menjadi baik dan tidak pengap.

 

Penentuan warna pada kitchenset pada dapur yang memiliki ukuran sempit juga sangat menentukan. Bila tembok dapur kita memiliki warna yang agak gelap kita dapat memilih kitchen set dengan warna-warna terang. Demikian pula sebaliknya bila tembok dapur memiliki warna yang terang Kita dapat memilih warna kithen set yang gelap tatapi tidak dominan gelap semua, agar memberi kesan lebih lapang.

 

Dapur mungil bukan merupakan alasan untuk mengabaikan masalah kitchenset, karena kesan sempit dapat juga tergantung dengan model dan penempatan dari kitchen set di dapur Kita. Dapur akan dapat terlihat lebih sempit dan sesak bila kita salah dalam memilih model kitchen set.

 

Dengan kreatifitas, banyak yang menyiasati ukuran dapurnya yang mungil, selain model dan penempatan kitchenset yang optimal kita dapat membentuk tampilan dapur agar lebih terbuka atau tanpa pintu sama sekali. Membiarkan dapur tebuka dengan hanya pembatas tambahan berupa partisi sebagai pembatas juga bisa menjadi pilihan.

 

Referensi: 1

8638Like

Related Articles