Home    Berbagai Jenis Pondasi Yang Tahan Gempa

Berbagai Jenis Pondasi Yang Tahan Gempa

Bagian penting dari struktur bangunan rumah adalah pondasi. Pondasi yang terletak di bagian bawah dan menopang bangunan ini fungsinya mendistribusikan beban ke tanah. Maka pondasi harus kokoh di dalam tanah. Pada umumnya pondasi memiliki kedalaman 60-80 cm meski untuk akurasi kedalaman pondasi kita perlu melakukan tes sondir tanah.

Berikut ini adalah berbagai macam pondasi yang tahan gempa mengingat posisi Indonesia yang berada dalam cincin api sehingga rentan terjadi gempa.

Our Agents

Pondasi Rumah Batu Kali

Pondasi Rumah Batu Kali merupakan salah satu jenis pondasi yang paling populer. Proses pembuatan sangat sederhana. Cukup tumpuk batu kali sedemikian rupa dan lekatkan dengan semen. Keunggulannya adalah harga pembuatan pondasi batu kali sangat murah karena prosesnya sederhana dan bahan yang digunakan tidak terlalu rumit. Kerugiannya pondasi batu sungai jenis ini juga tidak cocok untuk bangunan rumah bertingkat.

Pondasi Rumah Telapak

Pondasi Telapak adalah jenis pondasi telapak atau tapak beton bertulang dengan alas berbentuk segi empat atau empat persegi panjang. Pondasi ini sangat cocok untuk rumah tingkat. Keunggulannya adalah proses pembuatan pondasi ini tidak harus menggali tanah terlalu dalam, sehingga memiliki keunggulan proses pembuatan yang lebih cepat. Selain itu, bahan baku yang digunakan untuk membangun pondasi ini tidak mahal.

Pondasi Rumah Plat Beton Lajur

Pondasi yang disebut pelat beton lajur ini, semua bagian yang ada menggunakan beton bertulang, sehingga sifatnya lebih kuat. Lebar pelat lintasan sekitar 70 hingga 120 cm. Karena ukurannya yang hampir sama, maka sering digunakan sebagai alternatif pondasi batu pecah ketika batu sulit diperoleh. Keuntungannya adalah hanya dibuat di tempat pembuatan pilar, sehingga tidak memerlukan biaya dan hanya membutuhkan sedikit penggalian. Jika terjadi bencana gempa bumi atau angin kencang, pondasi ini dapat menahan goncangan yang lebih kuat. Kelemahannya adalah waktu produksi dan pengeringan yang lama, terutama untuk cetakan dan bekisting. Dan yang membuatnya lebih rumit, kita harus membangun kerangka besi dari awal.

Recently Listed Properties

Pondasi Sumuran

Desain lainnya adalah pondasi sumuran yang dicor di lokasi dari batu pecah dan beton. Pekerjaannya dimulai dengan menggali lubang berdiameter 60-80 sentimeter dan kedalaman 8 meter. Pondasi yang sering digunakan untuk membangun gedung tinggi di petak sempit. Kelebihan dari pondasi ini adalah tidak membutuhkan alat berat sehingga lebih murah. Di sisi lain, kelemahan pertama adalah sulitnya kontrol kualitas karena berada di bawah tanah, dan tidak cocok untuk lumpur. Meski tanahnya dalam kondisi baik, tetapi yang cukup sulit adalah saat penggalian.

Pondasi Bored Pile

Pondasi Bored Pile adalah jenis pondasi dimana beton bertulang ditempatkan di dalam lubang bor. Tipe ini sangat cocok untuk bangunan bertingkat tinggi karena kekuatannya yang cukup besar. Pondasi tiang pancang memiliki keunggulan proses pembuatan yang murah. Ini karena penggunaan beton yang minim. Kerugian dari jenis pondasi ini adalah banyaknya peralatan yang digunakan, seperti mesin untuk pengeboran. Selain itu, jika kita melakukan kesalahan dalam proses pembuatan pondasi ini, pondasi tersebut akan menjadi keropos, jadi berhati-hatilah.

Pondasi Rumah Cakar Ayam

Pondasi Rumah Cakar Ayam, seperti namanya, merupakan salah satu pondasi yang paling umum digunakan karena memang bentuknya menyerupai ceker ayam. Bekisting terbuat dari beton bertulang dan tertanam kuat di tanah. Jenis pondasi ini sangat cocok digunakan pada tanah lunak seperti bekas sawah dan tanah berawa. Keunggulan dari jenis substrat ini adalah memiliki keunggulan struktur yang kokoh dan sangat cocok untuk jenis tanah yang lembek dan lembab. Selain itu, karena jenis pondasi ini mengandung beton yang kuat dan kokoh, tidak ada celah untuk masuknya air. Kelemahan dari Pondasi Rumah Cakar Ayam adalah pembuatannya yang cukup mahal. Hal ini dikarenakan peralatan dan proses pembuatannya yang cukup kompleks.

Referensi : https://dpu.kulonprogokab.go.id/detil/596/konstruksi-bangunan-tahan-gempa

 

 

Article

 

Temukan Hot Buyers Anda bersama kami di : >>https://t.co/UzgoSitdSx?amp=1<<

Ikuti perkembangan terbaru Info Terupdate seputar Properti hanya di reginarealty.co.id

Klik di sini

32691Like

Related Articles