Home    Bahan Material Alternatif Pengganti Kusen Kayu

Bahan Material Alternatif Pengganti Kusen Kayu

source : https://www.youtube.com/embed/smm_RI1XTus

Kayu sangat populer untuk digunakan dalam pembangunan rumah. Dulu hampir setiap komponen pasti menggunakan kayu. Bahkan untuk papar cor, bowplank, kayu dimanfaatkan. Namun kampanye bumi hijau juga terus didengungkan membuat banyak orang mulai beralih dari penggunaan kayu menjadi material lainnya. Dimulai dari rangka atap dan sekarang kusen non kayu pun sudah banyak digunakan.

Apa saja pengganti kayu untuk kusen di rumah kita?

 

Baca Lengkap : PURI HARVEST HUNIAN DENGAN MOBILITAS SOSIAL YANG SANGAT BAIK

Our Agents

 

Kusen Pintu Aluminium

Jika menghendaki daya tahan, pilihan terbaik jatuh kepada material alumunium. Material alumunium tidak akan rusak oleh rayap dan terik matahari, perawatannya juga tidak sulit. Hanya saja, dari segi harga bisa dibilang lumayan mahal dibandingkan dengan material lainnya. Kusen pintu aluminium sudah sangat populer sebagai pengganti kusen kayu.

 

Kusen Vinyl

Bagi yang awam dengan kusen vinyl, mungkin pernah mendengar kusen UPVC (Unplastic Poly Vinyl Cloride) dan kusen PVC (Poly Vinyl Cloride). Material vinyl dapat meredam suhu panas dengan baik dan harganya lebih terjangkau. Tetapi, ketahanan material vinyl tidaklah sekuat dan seawet material kayu. Bahkan, dibuat dengan desain terbaik pun tetap tidak akan sekuat material lainnya.

 

Kusen Pintu WPC

Kusen pintu ini cukup awet karena terbuat dari campuran plastik dan kayu. WPC sendiri kependekan dari Wood Plastic Composite. Meski dengan plastik, beberapa produk mengklaim tidak mudah terbakar. Kusen pintu WPC juga mudah dibentuk dan memiliki warna seperti kayu.

 

Kusen Pintu Cor

Kelebihan kusen pintu cor/beton di antaranya adalah tahan segala cuaca, mampu menahan beban berat, gampang dibentuk, tidak keropos, anti rayap serta ukurannya tidak mudah menyusut. Namun juga memiliki kekurangan seperti tidak gampan untuk diubah jika sudah dipasang dan sangat berat.

 

Baca Lengkap : Gagal Jadi Dokter, Dato Sri Tahir Malah Jadi Konglomerat Properti

Recently Listed Properties

 

Kusen Fiberglass

Selain mudah dalam perawatannya, material ini juga memiliki daya tahan yang bagus terhadap cuaca dan perubahan suhu ruangan. Material ini dapat bertahan walaupun dengan perubahan cuaca yang ekstrim. Tetapi, harganya cukup mahal dan tampilannya pun tidak terlalu menarik, bahkan cenderung membosankan.

 

Kusen Baja Ringan

Material ini sangat kuat dan tampilannya juga elegan. Kusen ini juga lebih ramah lingkungan, awet, aman, anti rayap dan anti air. Hanya saja harganya cukup mahal, bahkan lebih mahal dari material alumunium.

Sebenarnya bahan di atas tak hanya untuk pengganti kusen kayu. Beberapa produk memberikan solusi yang lebih lengkap yang tak hanya kayu, tapi juga pintu, ram jendela, papan listplank, plafon dan seperti baja ringan justru sebenarnya dikenal sebagai pengganti kayu pada rangka atap.

 

Referensi:

  1. https://www.99.co/blog/indonesia/kusen-pintu/
  2. https://solusikonstruksi.com/apa-itu-upvc-jenis-kekurangan-dan-kelebihannya/
  3. https://courtina.id/wpc-adalah/

 

 

Temukan Hot Buyers Anda bersama kami di : >>https://t.co/UzgoSitdSx?amp=1<<

Ikuti perkembangan terbaru Info Terupdate seputar Properti hanya di reginarealty.co.id

Klik di sini

Article

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
31849Like

Related Articles