Home    Apa Itu Istilah Apartment dan Kondominium

Apa Itu Istilah Apartment dan Kondominium

source : https://www.youtube.com/embed/jIrd81jgdy8

Salah satu solusi dari permasalahan keterbatasan lahan di wilayah padat penduduk adalah dengan mendirikan hunian vertikal, Apartemen dan kondominium merupakan jenis hunian vertikal. Istilah keduanya acapkali tertukar dan tidak jarang pula dianggap sama lantaran sama-sama bangunan dengan bentuk bangunan bertingkat.

Sebenarnya, istilah apartemen dan kondominium merupakan dua hal yang berbeda, baik dari segi asal maupun dari segi status kepemilikan. Sebagai ruang tinggal alternatif selain rumah, ada pula keuntungan dan kerugian ketika menempati apartemen ataupun kondominium.

Apabila Anda memiliki niatan untuk membeli properti untuk pertama kalinya, penting untuk mengetahui lebih lanjut lagi tentang perbedaan apartemen dan kondominium. Berikut beberapa penjelasannya.

 

Baca Lengkap : Hindari 5 Kesalahan Dalam Investasi Rumah

Our Agents

 

Pengertian Apartemen Vs Kondominium

 Pada mulanya istilah apartemen dipakai oleh warga negara paman sam, Amerika Serikat, untuk menyebut kumpulan hunian yang ada di dalam satu bangunan bertingkat. Namun, sekarang konsep apartemen semakin berkembang hingga memungkinkan terdiri dari beberapa sektor bangunan yang di dalamnya terdapat ratusan atau bahkan ribuan unit hunian.

Sedangkan untuk istilah kondominium sendiri berasal dari bahasa Italia. Kondominium merupakan gabungan dari dua kata yaitu con yang berarti bersama-sama dan dominium yang memiliki arti kepemilikan.

Mungkin ada benarnya jika banyak orang menyamakan apartemen dan kondominium karena kondominium merupakan salah satu dari jenis apartemen dengan spesifikasi sistem kepemilikan tertentu. Dalam artian kondominium adalah apartemen, tetapi apartemen belum tentu kondominium. Ini merujuk pada sistem hak guna bangunan yang diterapkan pada apartemen tersebut.

 

Kondominium Sebagai Jenis Apartemen

Di Amerika Serikat, menurut Hauseit, ada beberapa jenis sistem kepemilikan apartemen yaitu condo unit, co-opt unit dan yang terakhir rental unit. Semua unit tersebut berdiri di atas tanah atau bangunan dengan satu pemilik. Pada co-opt unit diterapkan kepemilikan bersama dengan beberapa shareholder sebagai pemilik hunian.

Untuk condo unit atau kondominium, setiap unit hunian dimiliki oleh seseorang yang bertanggung jawab sepenuhnya atas hunian tersebut. Sedangkan untuk Rental unit adalah sistem kepemilikan secara sewa.

 

Baca Lengkap : Lebih Baik Beli Rumah Sekarang Atau Nanti?

Recently Listed Properties

 

Bagaimana dengan kondominium di Indonesia

Tidak berbeda dengan kepemilikan unit apartemen di Indonesia pada umumnya, kondominium juga tak memiliki hak atas tanah.  Pemilik kondominium dapat menikmati berbagai macam fasilitas yang tersedia, seperti kolam renang, sarana olahraga, dan taman dalam bangunan apartemen, biasanya dikenakan sistem iuran bulanan untuk perawatannya.

Namun, tidak memiliki hak kepemilikan atas fasilitas. Hak kepemilikan penuh hanya pada unit hunian. Di Indonesia sendiri pasar properti kondominium menawarkan nilai investasi yang menggiurkan.  Banyak yang membeli kondominium untuk keperluan bisnis penyewaan tempat tinggal atau dijual kembali ketika harga apartemen sedang prospektif.

Demikianlah pengertian sebenarnya dari istilah apartemen dan kondominium, keduanya saling terkait karena kondominium sendiri menggambarkan sistem kepemilikan tertentu di dalam bangunan apartemen.

 

 

Temukan Hot Buyers Anda bersama kami di : >>https://t.co/UzgoSitdSx?amp=1<<

Ikuti perkembangan terbaru Info Terupdate seputar Properti hanya di reginarealty.co.id

Klik di sini

Article

Ciptakan Ruang Kerja Nyaman di Rumah

Bangunan rumah tahan gempa

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
30525Like

Related Articles