Home    8 Kesalahan Dalam Menyewakan Properti

8 Kesalahan Dalam Menyewakan Properti

source : https://www.youtube.com/embed/yW_JMV2rkro

Jika kita ingin mendapatkan income tanpa harus bersusah payah adalah dengan memiliki properti dan menyewakannya. Meski seolah tanpa harus bersusah payah, namun jika kita tidak memiliki ilmunya, tidak paham dengan pasarnya, justru bisa merugi. Banyak juga aset properti nganggur yang sulit tersewa. Hal itu dikarenakan bebearapa kesalahan-kesalahan berikut ini :

Baca Lengkap : DIJUAL RUMAH BARU AREA KEBAYORAN, JAKARTA SELATAN

Our Agents

 

Tidak Selamanya Properti akan Penuh

Tidak setiap saat calon penyewa akan datang dan menyewa properti. Mindset seperti ini perlu ditanamkan di dalam benak. Maka, persiapkanlah dana darurat apabila bisnis penyewaan properti sedang lesu.

Tidak Memeriksa Latar Belakang Penyewa

Siapkanlah blangko atau formulir sewa agar calon penyewa dapat mengisinya. Formulir tersebut dapat berisi tentang hal-hal yang dirasa perlu untuk diketahui seperti nama, no telpon, pekerjaan dan lain sebagainya.

 

Dokumentasikan Interaksi yang Penting

Apabila suatu saat pemilik properti terlibat permasalahan dengan penyewa, misalnya seperti kehilangan barang di dalam properti, kegiatan yang merugikan pemilik, dan lain sebagainya. Maka, dokumentasi interaksi dengan penyewa baik dalam bentuk rekaman telepon, rekaman CCTV, salinan atau screenshot percakapan pesan akan dapat menolong. Lain halnya apabila tidak terdokumentasi dengan baik.

 

Biaya Perbaikan dan Pemeliharaan Tidak Diperhatikan

Pastikan biaya sewa properti dapat menutupi biaya perawatan dan pemeliharaan secara rutin seperti biaya air, listrik, kebersihan dan biaya-biaya lainnya. Ingat, sisihkan uang pendapatan sewa untuk dana biaya tak terduga seperti biaya renovasi atau biaya perbaikan properti.

Tidak Serius Dalam Berbisnis

Tentunya untuk meraih kesuksesan diperlukan keseriusan. Buatlah rekening terpisah antara rekening pribadi dengan rekening bisnis properti. Bukukan segala transaksi dalam bisnis, bayar pajak properti dan persiapkan tenaga kerja yang akan membantu dalam menjalankan usaha.

Baca Lengkap : Jumat Agung

Our Agents

 

Tidak Memiliki Aturan Sewa

Pastikan penyewa memahami aturan sewa dengan baik. Jelaskan hal-hal yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan, konsekuensi apabila telat membayar sewa, dan lain sebagainya. Aturan tersebut akan mencegah hal-hal yang dapat merugikan di kemudian hari.

Tidak Membuat Kontrak Secara Tertulis

Penting untuk memastikan calon penyewa membubuhkan tanda tangannya dalam kontrak perjanjian sewa lantaran kontrak tersebut akan melindungi pemilik properti secara hukum apabila suatu saat terlibat sengketa dengan salah seorang penyewa.

Tidak Bekerjasama Dengan Agen Properti

Tujuh kesalahan di atas dapat kita eliminir dengan bekerjasama dengan agen properti profesional. Karena agen properti profesional lebih berpengalaman dalam hal properti baik sewa maupun jual beli. Ada pelatihan yang harus dijalani oleh para agen properti profesional. Pengalaman agen properti dengan banyak unit dan konsumen sebelumnya menjadi nilai tambah.

Disadur dari : https://koinworks.com/blog/kesalahan-dalam-menyewakan-properti/

 

 

Temukan Hot Buyers Anda bersama kami di : >>https://t.co/UzgoSitdSx?amp=1<<

Ikuti perkembangan terbaru Info Terupdate seputar Properti hanya di reginarealty.co.id

Klik di sini

Article

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
31264Like

Related Articles