Home    7 Negara Asia Yang Pindahkan Ibu Kota

7 Negara Asia Yang Pindahkan Ibu Kota

 

Rencana Pemerintahan Presiden Jokowi memindahkan ibukota dari Jakarta ke Kalimantan Timur telah disampaikan di depan Sidang DPR dan pada konferensi pers di Istana Negara. Tepatnya akan berada di Penajam Paser Utara, Samboja, dan Kota Baru; ketiganya di Kalimantan Timur.

Ternyata, Indonesia bukan lah negara pertama yang memindahkan ibu kota setelah merdeka. Dan di Asia, tercatat dari pencarian kami di Google, terdapat 6 negara lain yang telah memindahkan Ibu kotanya,

 

Baca Lengkap : Ibu Kota Pindah

Recently Listed Properties

 

1912 India, Dari Kolkata ke New Delhi

Sebelumnya Kolkata adalah Ibu kota India sekaligus pusat perdagangan. Namun letaknya berada di India bagian selatan. Pada Tahun 1912, New Delhi dipilih menjadi ibu kota karena lokasinya strategis berada di tengah-tengah negara India. 

Temukan Hot Buyers Anda bersama kami di : >>https://t.co/UzgoSitdSx?amp=1<<

 

1967, Pakistan, Dari Karachi ke Islamabad, Pakistan

Karachi sebelumnya adalah Ibu kota Pakistan, namun pada Tahun 1961 dianggap tidak layak lagi menjadi ibu kota meski dahulunya adalah pusat perdagangan di Sunga Indus. Pembangunan ibu kota baru di Islamabad dimulai Tahun 1961 dan Pakistan mulai memindahkan pada Tahun 1967.  Islamabad dipilih Karena cukup representatif dengan lahan 65 km2 dan berada di ketinggian 450-600 m. Islamabad dibangun dengan menyatukan kultur Islam dengan modernitas.

1982 Sri Lanka, Dari Colombo ke Sri Jayawardenepura Kotte

Colombo yang sudah terlalu penuh dan tak mampu menampung perkantoran pemerintahan menjadikan Sri Lanka memutuskan untuk memindahkan Ibu kota ke Kotte. Sri Jayawardenepura Kotte nama lengkap ibu kota Sri Lanka ini tak Hanya dibangun perkantoran tapi juga rumah untuk pegawai pemerintahan.

1999 Malaysia, Dari Kuala Lumpur ke Putrajaya (1999)

Mungkin sebagian dari kita masih menganggap Kuala Lumpur adalah ibu kota Malaysia. Ya karena perpindahannya baru terjadi tahun 1999, Malaysia memutuskan ibu kota baru di Putrajasa.  Alasannya Kuala Lumpur sudah dianggap terlalu padat.

 

Baca Lengkap : Nasib Properti Jakarta Bila Tak Lagi Menjadi Ibu Kota

Our Agents

 

2005 Myanmar, Dari Yangon ke Naypidaw

Naypidaw dipilih oleh rezim di Myanmar sebagai ibu kota baru. Berpindah dari Yangon. Pembangunan besar-besaran dilakukan di Naypidaw. Tapi mungkin masih belum menghapus bekas ingatan kita bahwa ibu kota Myanmar masih di Yangon.

2005 Korea Selatan, Dari Seoul ke Sejong City

Rasanya Seoul masih menjadi icon dari Korea Selatan meski sejak tahun 2005 Seoul sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara tersebut. Ibu kota baru dipilih di Sejong City untuk pembangunan pusat ekonomi baru dan pemerataan. Secara bertahap dan perlahan, pada Tahun 2015, sekurang-kurangnya terdapat 36 kantor pemerintahan yang telah berpindah dari Seoul ke Sejong City.

2024 Indonesia, Dari Jakarta ke Kalimantan Timur

Ya seperti kita ketahui, Ibu kota baru di Kalimantan Timur akan beroperasi di Tahun 2024. Ini akan menjadikan Indonesia sebagai negara ketujuh di Asia yang memindahkan ibu kota ke wilayah yang baru.

 

Ikuti perkembangan terbaru Info Terupdate seputar Properti hanya di reginarealty.co.id

Klik di sini

 

Article

Ciptakan Ruang Kerja Nyaman di Rumah

Bangunan rumah tahan gempa

25711Like

Related Articles

Ibu Kota Pindah