Home    5 Kota Di Indonesia Yang Cocok Untuk Investasi Wisata

Libur lebaran kemaren membuka mata kita bahwa potensi wisata di daerah itu masih luar biasa. Konon lebih dari 80 juta pemudik, pulang kampung dan berwisata di daerah asalnya. Apalagi pandemi segera menjadi endemi, dimana Bapak Presiden Jokowi telah melonggarkan penggunaan masker di tempat terbuka. Ini sebuah peluang bagi wisata.

Bagi investor properti yang ingin berinvestasi properti di kota-kota wisata, simak penelusuran berikut ini. Siapa tau dapat menjadi masukan.

Kami menggunakan alat bantu Google Trends. Google Trends sendiri merekord data pencarian pengguna Google. Kali ini kita menelusuri pencarian kata kunci “tempat wisata” dan berikut ini adalah 5 kota di luar Jakarta yang paling banyak di cari tempat wisatanya berdasarkan pencarian Google.

Bandung

Bandung menempati posisi pertama kota yang paling banyak dicari tempat wisatanya berdasar kata kunci pada pencarian di Google. Kata kunci “tempat wisata bandung”, “wisata bandung”, “wisata di bandung” “tempat wisata di bandung” berada pada posisi 1-4 pada pencarian Google dengan skala 100 dan 85. Ini berarti banyak orang Indonesia dalam kurun waktu 12 tahun terakhir mencari tempat wisata di Bandung dibandingkan kota lainnya.

Bogor

Bogor menempati posisi kedua kota yang paling banyak dicari tempat wisatanya. Kata kunci “tempat wisata bogor”, “wisata bogor”, “tempat wisata di bogor”, dan “wisata di bogor” berada di nomor 7 hingga 10 pada puncak pencarian dengan skal 33 dan 23.

Jogja

Jogja dari dulu kala dikenal sebagai tempat tujuan wisata. Namun dari pencarian Google, kota Jogja berada di posisi ketiga. Terdapat 3 kata kunci yang banyak dicari terkait kota Jogja adala “tempat wisata jogja”, “wisata jogja”, dan “tempat wisata di jogja” yang menempati urutan pencarian 13, 14 dan 20. Skala pencarian Google antara 20 dan 14.

Bali

Bali juga merupakan daerah tujuan wisata baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Namun karena riset Google Trends ini didasarkan pada wilayah Indonesia saja, maka pengguna Google di Indonesia saja yang masuk dalam pencarian. Sehingga menempatkan Bali pada posisi ke empat. Kata kunci “tempat wisata bali” dan “tempat wisata di bali” berada pada urutan 19 dan 24.

Malang

Kota di Jawa Timur ini menjadi salah satu kota yang banyak dicari di Google untuk kata kunci umum “tempat wisata”. Kata kunci spesifik “tempat wisata malang” berada pada posisi ke 23 dalam 25 pencarian teratas. Ini menempatkan Malang dalam posisi kelima dalam kota yang paling banyak dicari tempat wisatanya.

Terkait dengan tempat wisata, beberapa pilihan investasi properti yang dapat menunjang tempat wisata adalah hotel, homestay, cabin hotel, villa, rumah kost, tempat kuliner dan tentu saja rumah. Selain dapat disewakan dan mendulang uang, kita bisa juga tinggal di properti tersebut selama kita berwisata di kota tujuan.

Tentu saja riset sederhana ini hanyalah penunjang bagi kita yang benar-benar hendak berinvestasi properti di tempat wisata. Lakukan riset lainnya yang juga dapat mendukung keputusan kita untuk berinvestasi. Selamat mencoba! Happy investing!

32179Like

Related Articles